Monday, December 18, 2006

Person of The Year 2006 versi TIME: Anda

Seperti biasa, setiap akhir tahun Majalah TIME menampilkan sosok Person of the Year. Namun, tahukah Anda siapa Person of the Year tahun ini? Jawabannya adalah Anda.

Ya, Anda. Andalah Person of the Year versi Majalah TIME untuk tahun 2006. Mungkin Anda tidak percaya dengan pengumuman ini. Namun, itulah kenyataannya. Pemimpin Redaksi TIME Rick Stengel menegaskan, sosok yang paling tepat untuk dinobatkan sebagai Person of the Year tahun ini adalah Anda. Alasannya, Andalah yang menguasai era informasi yang terus berkembang.

Berkat teknologi, Anda telah menjadi orang yang paling menguasai dunia informasi. ”Tahun ini kami memang sengaja menempatkan Anda sebagai Person of the Year. Selamat, Anda benar-benar layak mendapat predikat tersebut,” ujar Rick bangga. Putusan Rick ini memang cukup kontroversial.

Pasalnya, jauh hari sebelum ”Anda” dinobatkan menjadi Person of the Year, TIME terlebih dahulu membuat polling untuk memilih siapa Person of the Year 2006. Beberapa nama yang sempat menghiasi website majalah yang berdiri 3 Maret 1923 adalah Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Presiden Venezuela Hugo Chavez, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Condoleezza Rice.

Bahkan, beberapa hari menjelang hari H (pengumuman Person of the Year), Ahmadinejad sempat memimpin dalam perolehan polling itu. Bukannya tampil sebagai Person of the Year 2006, Ahmadinejad hanya mendapat halaman khusus dalam sebuah wawancara eksklusif berjudul People Who Mattered. Lalu, dikemanakan hasil polling itu? TIME tidak memberikan penjelasan.

Yang jelas, menjelang detik-detik TIME hendak menobatkan Person of the Year 2006, Rick terkesima dengan seorang lelaki berusia 59 tahun bernama Tom. Saat itu, Tom tengah memilih sosok yang menurutnya pantas menjadi Person of the Year 2006. Tidak hanya menyebut nama, Tom juga memberikan alasan mengapa dia memilih tokoh itu. Uniknya, Tom tidak menyampaikan pilihannya via polling.

Tom justru meng-up-load video berisi gambar dan suaranya via YouTube (website yang dapat digunakan pengguna internet untuk menampilkan video buatan sendiri di dunia maya). Langkah Tom ini menjawab ”undangan” Rick yang sebelumnya juga pernah muncul di YouTube untuk mengajak seluruh pengguna internet memilih siapa sosok yang pantas menjadi Person of the Year 2006.

Hebatnya, hanya dalam hitungan hari, puluhan ribu pengguna internet dari berbagai negara muncul di YouTube. Mereka serta-merta memberikan pilihannya. Fenomena ini membuat Rick yakin, dunia informasi telah memasuki era baru. Via internet, semua orang dari belahan dunia mempunyai andil besar dalam menyebarkan berkomunikasi dengan cepat dan akurat.

No comments: